Salamku,

Selasa, 26 Juli 2011

BERTEMU LAGI


MARHABAN YA RAMADHAN...
Selamat Datang Ramadhan

Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Marhaban Yaa syahru ramadhan
Marhaban syahrul maghfirah
Marhaban syahrul Quran....
Marhaban Yaa Syahrul ibadah...

Betapa bahagia kami masih boleh bertemu dengan mu lagi
Serasa lebih dari bertemu sang kekasih lantaran engkau terlalu berarti
Kedatanganmu membawa harapan
Agar keluar kami umat ini dari kegelapam
Menuju cahaya fitrimu yang terang benderang...

Malam seribu bulan sudah kami rindu dari sekarang
Ketika langit menggenapkan semua perjanjiannya
Menerima amanat rahmat hingga pagi harinya
Bagi siapa saja yang mendaki jalan ini
Berpuasa bukan untuk mulut dan hati
Namun berpuasa semata-mata hanya untuk Ilahi Rabbi

Marhaban Yaa ramadhan
Kami sambut kau dengan segenap harapan
Agar kami jalani hari demi harimu nanti
Dengan saling memperbaiki diri
Sebab hidup bukanlah hari ini
Yang ada disini tidaklah abadi
Sedang di sisimu nanti , itulah yang abadi
Segala lelah payah, segala sakit, segala duka dan derita, darah dan airmata
Dalam perjuangan ini akan Engkau ganti

Melalui Ramadhan suci...
Bawalah kami pada titik cahaya tertinggi yang mampu kami daki
Melalui Ramadhan suci...
Basuhlah segala iri, dengki, ghibah, amarah dan fitnah
Dusta, putus asa, malas , serakah , bimbang dan sedih....
Basuhlah dari diri kami segala yang menghalangi turunnya RahmatMU pada kami Ya Rabbi...

Melalui Ramadhan suci.....
Cucilah...cucilah dosa-dosa kami hingga bersih
Di bulan suci ini di hari yang penuh barokah ini
Semoga kami diberi kekuatan besar untuk tahan menjalani malam-malam tarawehMu
Wahai Ramadhan , mengisi nafas dengan tilawatil quran
Jadikanlah kami perindu-perindu malam Mu
Akan sampaikah kami padaMU wahai pemilik Ramadhan?
Akan kah kau terima segala upaya kami yang dhoif
Fakir dan sangat mengharapkan keampunan-MU
Yaa Rabbi.... ampunilah dosa-dosa kami
Ampunilah segala salah dan khilaf selama ini
Karena kelalaian yang kami lakukan....
Ya Rabbi pimpinlah kami di jalan-MU menjalani hari-hari mendatang
Agar kami kembali kepada-MU kelak dalam keadaan suci
Agar kami termasuk hamba-hamba Yang Engkau Rindukan
Walaupun hamba bukanlah termasuk hamba-hamba Pilihan-MU

Marhaban Ya Ramadhan...
Selamat datang Ramadhan
Kami sambut datangmu.... dengan semangat untuk menang!
Kami tunggu datangmu dengan saling berkasih sayang
Kami tunggu datangmu dengan segala suka cita
Kami tunggu datangmu dengan segenap Rindu dan Harapan

Marhaban Ya Syahru Ramadhan
Marhaban Ya Syahrul maghfirah...
Marhaban Ya syahrul Quran
Marhaban Ya Syahrul Ibadah...
Marhaban Ya Ramadhan.....

***
Assalamualaikum saudaraku semuanya
Dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf
Atas segala salah dan khilaf selama ini,
Mungkin ada yang tidak berkenan dari saya , baik disengaja ataupun tanpa sengaja
Semoga kita bisa saling memaafkan, saling mengingatkan dengan berkasih sayang....
Semoga Rahmat Allah selalu meyertai kita semuanya
Semoga RedhoNya mengiringi langkah kita...
Semoga di bulan suci ini DIA berkenan membersihkan jiwa dan raga...untuk kembali suci...
Sebelum kelak kita menghadap – Nya.... Sebelum hari perjanjian itu datang....
Ampuni kami Ya Rabbi ampuni salah dan khilaf kami selama ini...Ampuni dosa-dosa kami...
Amin Ya Allah.... Amin Ya Rabbal alamin....

Saudaraku , saya ucapkan
Selamat menyambut Ramadhan...
Selamat menunaikan ibadah puasa....
Wassalamualaikum warahmatullahi wabaarakatuh...

Selasa, 19 Juli 2011

GURU IDAMAN

Guru mempunyai beberapa peranan antara lain :
Guru Sebagai sumber belajar
Guru merupakan sumber belajar bagi siswa didiknya. Guru adalah sumber belajar yang paling utama.
Guru sebagai fasilitator
Seorang guru harus dapat menguasai benar materi yag akan diajarkan juga media yang akan digunakan bahkan lingkungan sendiri juga termasuk sebagai semberbalajar yang harus dipelajari oleh seorang guru.
Seorang siswa mempunyai beberapa kemampuan menyerap materi berbeda-beda oleh karena itu pendidik harus pandai dalam merancang media untuk membantu siswa agar mudah memahami pelajaran. Ketrampilan untuk merancang media pembelajaran adalah hal yang pokok yang harus dikuasai, sehingga pelajaran yang akan diajarkan bisa dapat diserap dengan mudah oleh peserta didik. Media pembelajaran didalam kelas sangat banyak sekali macamnya misalkan torsu, chart maket
Guru sebagai pengelolah kelas
Manager memenit kelas, tanpa kemampuan ini maka performence dan karisma guru akan menurun, bahkan kegiatan pembeajaran bisa kacau tanpa tujuan.
Beberapa fungsi guru sebagai fasilitator
1.Merancang tujuan pembelajaran
2.mengorganisasi beberapa sumber pembelajaran
3.Memotivasi, mendorong, dan menstimulasi siswa. Ada 2 macam dalam memotivasi belajar bisa dilakukan dengan hukuman atau dengan reaward
4.Mengawasi segala sesuatu apakah bejalan dengan lancar apa belum dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran
Guru sebagai demonstrator
Guru menjadi sosok yang idela bagi siswanya hal ini dibuktikan apabila ada orang tua yang memberikan argumen yang berbeda dengan gurunya maka siswa tersebut akan menyalahkan argumen si orangtua dan membenarkan seorang guru. Guru adalah acuan bagi peserta didiknya oleh karena itu segala tingkah laku yang dilakukannya sebagian besar akan ditiru oleh siswanya
Guru sebagai demonstrator dapat diasumsikan guru sebagai stauladan bagi siswanyadan contoh bagi peserta didik.
Guru sebagai evaluator
Evaluator atau menilai sangat penting adalan rangkaian pembelajaran karena setiap pembelajaran pada akhirnya adalah nilai yang dilihat baik kuantitatif maupun kwalitatif. Rangkaian evaluasi meliputi persiapan, pelaksanaan, evaluasi.
Tingkat pemikiran ada beberapoa tingkatan antara lain :
1.Mengetahui
2.Mengerti
3.Mengaplikasikan
4.Analisis
5.Sintesis (analisis dalam berbagai sudut)
6.Evaluasi
Manfaat evaluasi bisa digunakan sebagai umpan balik untuk siswa sehingga hasil nilai ini bukan hanya suatu point saja melainkan menjadi solusi untuk mencari kelemahan di pembelajaran yang sudah diajarkan.
Hal -hal yang paling penting dalam melaksanakan evaluasi
1.Harus dilakukan oleh semua aspek baik efektif, koqnitif dan psikomotorik
2.Evaluasi harus dilakukan secara terus menerus dengan pola evaluasi hasil dan evaluasi proses
3.Evalusi dilakuakn denga berbagai proses instrumen
4.Harus terbuka
refearal: http://www.sekolah-dasar.blogspot.com/2008/11/13-peranan-guru-sebagai-pendidik.html
13 peranan guru sebagai pendidik
1. Guru Sebagai Korektor, guru harus dapat membedakan nilai yang baik dan man nilai yang buruk.Semua nilai yang baik harus guru pertahankan dan nilai yang buruk harus disingkirkan dari watak dan jiwa anak didik.
2. Guru Sebagai Inspirator, guru harus dapat memberikan ilham yang baik bagi kemajuan anak didik. Guru harus dapat memberi petunjuk (ilham) bagaimana cara belajar yang baik.
3. Guru Sebagai Informator, guru harus dapat memberikan informasi perkembangan ilmu penetahuan dan teknologi, selain bahan pelajaran untuk setiap mata pelajaran yang telah diprogramkan dalam kurikulum.
4. Guru Sebagai Organisator, guru memiliki kegiatan pengelolaan akademik, menyusun tata tertib sekolah, menyusun kalender akademik, dan sebagainya.
5. Guru Sebagai Motivator, guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar bergairah dan aktif belajar. Peran ini sangat penting dalam interaksi edukatif.
6. Guru Sebagai Inisiator, guru harus dapat menjadi pencetus ide-ide kemajuan dalam pendidikan dan pengajaran. Bukan mengikuti terus tanpa mencetuskan ide-ide inovasi.
7. Guru Sebagai Fasilitator, guru hendaknya dapat menyediakan fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegitan belajar anak didik, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.
8. Guru Sebagai Pembimbing, guru membimbing anak menjadi manusia dewasa susila yang cakap dan mandiri.
9. Guru Sebagai Demonstrator, mempergakan apa yang diajarkan secara diktatis, sehingga apa yang guru inginkan sejalan dengan pemahaman anak didik, tujuan pengajaran tercapai dengan efektif dan efisien.
10. Guru Sebagai Pengelola Kelas, agar anak didik betah tinggal di kelas dengan motivasi yang tinggi untuk senantiasa belajar di dalamnya.
11. Guru Sebagai Mediator, guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media pendidikan baik jenis dan bentuknya, baik media material maupun nonmaterial.
12. Guru Sebagai Supervisor, guru dapat membantu, memperbaiki, dan menilai secara kritis terhadap proses pengajaran.
13. Guru Sebagai Evaluator, guru dituntut untuk menjadi seorang evaluator yang baik dan jujur, dengan memberikan penilaian yang menyngkut intrinsik maupun ekstrinsik. Guru tidak hanya menilai produk, tetapi juga menilai proses.

POSITIVE WITH RAMADHAN


MARHABAN Ya Ramadhan. Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan. Bulan yang seringkali kita jadikan momentum kembali mendalami religiusitas. Selama sebulan kita berpuasa. Selama sebulan kita menahan emosi, lapar dan haus di siang hari. Di malam hari kita memperbanyak ibadah-ibadah sunnah seperti tarawih, witir dan tadarus Al-Qur’an.
Sayangnya, banyak di antara manusia yang melakukan hal-hal tersebut, atas dasar kultural. Karena tradisi atau ikut-ikutan. Padahal yang menjadi fundamental ibadah puasa adalah aspek pendekatan diri kepada Allah, penyucian diri, dan membangun kesalehan social untuk dapat diimplementasikan juga di luar Bulan Ramadhan.

Dengan ibadah puasa, seorang yang beriman berusaha mengaktifkan kekuatan rohaninya, lalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah sedekat mungkin. Dengan kedekatan dan intensitas berkomunikasi dengan Allah, sebuah proses penetrasi dan internalisasi sifat dan nilai Illahiah dalam diri seseorang diharapkan akan terjadi.

Seharusnya tujuan dari puasa kita adalah gerak hati meraih kedekatan dengan Allah. Sebab dengan berpuasa kita bisa lebih membuka diri, mebersihkan, dan membuang jauh-jauh pikiran, perasaan, serta perilaku kotor sehingga cahaya dan energi Illahi untuk turun (nuzul) ke dalam diri kita. Inilah pula dasar fundamen untuk membangun kesalehan sosial, baik bersifat individual maupun komunal.

Selain aspek religiusitas yang lebih individual, puasa juga merupakan jalan menuju kesehatan baik secara mental, fisik maupun sosial. Berbagai kajian ilmiah menunjukkan, dampak puasa amat positif bagi kesehatan dan pembinaan mental. Diharapkan pula dari sini personal-personal yang demikian untuk kemudian membangun jaringan kesalehan sosial.

Kesalehan sosial yang juga bisa mengimplementasikan solidaritas, kejujuran, toleransi, maupun welas asih, mampu meredam konflik-konflik individual maupun komunal. Hidup menjadi demikian indah dan bermakna bila terhimpun individual-individual yang tingkat kesalehan sosialnya tidaklah payah.

Sungguh sangat tepat Ramadhan kita refleksi dalam kapasitas itu pula. Dan nyatalah kemudian bahwa kita berpuasa mengejawantahkannya bukan semata linear urusan vertikal transendental, juga horisontal sosial. Dalam ibadah puasa, ada tiga aspek yang fundamental, yaitu pendekatan diri kepada Allah, penyucian diri, dan membangun kesalehan sosial.

Bahwa apa yang selalu dipikirkan, dibayangkan, dan akan mempengaruhi dan menggerakkan perilaku seseorang, jika hati dan pikiran terikat dan tertuju kepada Allah Yang Mahakasih, maka kasih Allah akan merasuk ke dalam diri kita sehingga kita menjadi instrumen Allah sebagai penyebar kasih dan kebajikan.

Namun, untuk meraih prestasi ini mensyaratkan kita untuk membuka diri, mebersihkan, dan membuang jauh-jauh pikiran, perasaan, serta perilaku kotor karena cahaya dan energi Illahiah untuk turun (nuzul) ke dalam diri kita.

Dan sungguh, ketika menjalani puasa, seseorang merasakan betul kehadiran Allah di mana pun ia berada sehingga ia senantiasa berlaku jujur, senantiasa menyebarkan vibrasi kebaikan dan damai. Efek sosial-psikologi puasa mudah sekali kita amati dan rasakan terutama selama bulan Ramadhan. Salah satu hikmah puasa adalah untuk mendidik jiwa agar mencapai derajat takwa, pribadi yang mampu menahan diri dari berbagai godaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Bagi sebagian orang, bulan suci Ramadhan merupakan bulan untuk meng-up grade dan revitalisasi diri sehingga hidup ini senantiasa dipandu kekuatan spiritual. Lewat puasa kita kembalikan dan perkokoh nurani untuk menjadi pemimpin kehidupan. Kita mesti bersikap positif karena yakin, bulan Ramadhan pasti mendatangkan berkat dan rahmat begi kita semua.

Pada saat berpuasa, kita secara tidak sengaja telah mengistirahatkan usus dan alat-alat pencernaan yang telah bekerja keras sepanjang tahun. Saat istirahat, tubuh punya kesempatan membersihkan usus dari sisa endapan makanan dan memperbaiki kerja pencernaan. Puasa juga menjadi kesempatan menurunkan berat badan bagi orang-orang gemuk. Sebab, selama puasa tubuh kita secara otomatis akan mencari sumber energi dalam tubuh. Tenaga akan diambil dari simpanan lemak dalam tubuh.

Namun, menyangkut aspek metafisik-spiritual, hal itu kita serahkan kepada Allah sepenuhnya karena seseorang tidak punya kewenangan dan kemampuan untuk mengukur keikhlasan dan ketakwaan seseorang. Tak ada yang tahu kualitas dan kedalaman puasa seseorang kecuali Allah. Dan ketika menjalani puasa, seseorang merasakan betul kehadiran Allah di mana pun ia berada sehingga ia senantiasa berlaku jujur, senantiasa menyebarkan vibrasi kebaikan dan damai.

Efek sosial-psikologi puasa mudah sekali kita amati dan rasakan terutama selama bulan Ramadhan. Tiba-tiba kita menemukan aura spiritual yang kental dalam keluarga, lingkungan kerja dan masyarakat. Televisi serta radio pun berlomba menyajikan acara keagamaan semenarik mungkin. Mayoritas masyarakat Indonesia berubah menjadi santun, mampu menahan diri, jujur, dan tidak ingin menyakiti orang lain. Selama Ramadhan kita menemukan masyarakat yang beradab dan religius.

Hal seperti itulah yang diharapkan Allah lewat firman-firman Alqur’an. Dengan berpuasa kita kemudian menjadi manusia yang mampu menahan diri dari berbagai godaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sayangnya, sekali lagi, banyak manusia yang melakukan perubahan diri seperti itu hanya karena budaya. Tradisi yang telah lama ada adalah setiap bulan Ramadhan kita harus mampu menahan diri. Sehingga wajarlah jika semua ‘adab’ masyarakat Indonesia hanya bisa kita rasakan di selama satu bulan saja.

Kita mesti bersikap positif karena yakin, bulan Ramadhan pasti mendatangkan berkat dan rahmat begi kita semua. Bila kita sungguh-sungguh dalam berpuasa, tentu nilai-nilai yang menjadi faedah puasa bisa menjadi karakter bangsa, keberagaman kita akan dirasakan sebagai rahmat, untuk menghapuskan kesan bahwa agama itu sumber pertengkaran, keganasan, dan sekedar peleburan dosa. Selamat berpuasa Ramadhan. ***

DAFTAR PONPES MUADALAH


DAFTAR LEMBAGA PENDIDIKAN PADA PONDOK PESANTREN
YANG MEMENUHI SYARAT PERPANJANGAN PENYETARAAN (MU’ADALAH)
DENGAN TAMATAN MADRASAH ALIYAH.

NAMA PESANTREN ALAMAT DAN TELP.
1.Pesantren Lirboyo, Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’en
PO BOX 162 Kota Kediri 64101 Jawa Timur, Tlp. 0354-773608 Fax. 772171
2.Pesantren Sidogiri, Madrasah Aliyah Miftahul Ulum
Sidogiri Kabupaten Pasuruan Jawa Timur Tlp. 0343-420444 Fax. 0343-428751
3.Pesantren Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati
Desa Kajen – Margoyoso Pati Jawa Tengah
4.Pesantren Modern Gontor Ponorogo
Kabupaten Ponorogo Jawa Timur Tlp. 0352-311711
5.Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep
Kode Pos 69465 Kabupaten Sumenep Jawa Timur Fax. 0328-821777
6.Pesantren Darul Rahman Jakarta
Jl. Senopati Dalam II No. 35 Kebayoran Baru DKI Jakarta Selatan Tlp. 021-5226928
7.Madrasah Aliyah Salafiyah Pondok Pesantren Termas
Jl. Patrem No. 5 Desa tremas Arjosari kabupaten Pacitan Jawa Timur Tlp. 0357-631001
8.Madrasah Aliyah Salafiyah PP Salafiyah Pasuruan
Jl. KH. Abdul Hamid VIII/14 Kota Pasuruan Jawa Timur Tlp. 0343-421474 Fax. 0343-411772
9.Madrasah Ulya PP Miftahul Mubtadiin
Jl. KH. Wahid Hasyim 126 Krempyang Tanhung Anom kabupaten Nganjuk Jawa Timur Tlp. 0358-773456
10.Dirasatul Mualimin al-Islamiyyah (DMI) PP al-Hamidy
Banyuanyar Palengaan Kabupaten Pamekasan Jawa Timur Tlp. 0324-332117
11.Pesantren Darunnajah Jakarta Selatan
Jl. Ulujami Raya 86 Pasangrahan Jakarta Selatan DKI Tlp. 6221-7350187 Fax. 6221-73886529
12.Tarbiyatu Muta’alimin al-Islamiyyah (TMI) Pesantren Darul Muttaqien
Parung Kabupaten Bogor Jawa Barat
13.Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI) Pesantren Raudhatul Hasanah Medan
Jl. Jamin Ginting Payabundung Simpang Selayang Kota Medan Sumatera Utara Tlp. 061-8360135 Fax. 061-8362535
14.Pesantren Modern al-Mizan Lebak Banten
Jl. Jenderal Sudirman KM 3 Narimbang Rangkasbitung Lebak Banten 42315
15.Pesantren al-Basyariah
Kabupaten Bandung Jawa Barat
16.Pesantren Modern Al-Ikhlas Kuningan
Ciawi lor Kabupaten Kuningan Jawa Barat
17.TMI Pesantren Darunnajah Cipiring Bogor
Cipiring Jl. Argapura Cigudeg Jasinga PO BOX 1 Bogor Jabar 16690 (0251) 470044
18.KMI Pesantren Daar al-Qolam Gintung Jayanti Tanggerang
Gintung Kec. Jayanti Tanggerang Banten 021-5952236
19.KMI Pesantren Pabelan Muntilan Magelang
Pabelan, Mungkide Muntilan Magelang PO BOX 800 Muntilan Tlp. & Fax. 0293-782110-782040 Jateng
20.KMI Pesantren Baitul Arqom, Balung Jember
Komplek Pondok Putri Baitul Arqom Jl. Karang Duren No 32 Balung Jember Jatim 0336-621315
21.Pesantren madrasah Aliyah Pondok Pesantren/Dayah Darul Munawarah Pidie Aceh
Desa Kuta Krueng Bandar Due Ulee Gle Kab. Pidie NAD Tlp. 0644-510078 Fax. 0644-510085 Kode Pos 24188
22Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Hikamus Salafiyah (MHS) Cirebon
Jl. Gondang Manis Babakan Ciwaringin Cirebon 0231-3382447
23.Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Anwar Sarang Rembang
Karangmangu Sarang Rembang Tlp. 0356-411321 Fax. 0356-411386 Jawa Tengah
24.Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darussalam Kediri
Sumbersari Kencong Kepung Kediri Jawa Timur
25.Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Falah Ploso
Ploso Mojo PO BOX 121 Kediri Jawa Timur Kode Pos 62354
26.Madrasah Aliyah Pondok Pesantren as-Salafy al-Fitrah
Jl. Kedinding Lor 99 Surabaya Jawa Timur Tlp. 031-3722771 Fax. 031-376803
27.Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Qodim
Jl. KH. Wahid Hasyim PO BOX 03 Kalijajar Kulon Paiton Probolinggo Jawa Timur



Jakarta, 9 Desember 2010

DIREKTUR JENDERAL


TTD

Prof. Dr. H. Mohammad Ali, MA
NIP. 195306031979031002

KYAI SANTUN DAN MATANG


KH Maimun Zubair adalah gambaran sempurna dari pribadi yang santun dan matang. Semua itu bukanlah kebetulan, sebab sejak dini beliau hidup dalam tradisi pesantren diasuh langsung oleh ayah dan kakeknya sendiri. Beliau membuktikan bahwa ilmu tidak harus menyulap pemiliknya menjadi tinggi hati ataupun ekslusif dibanding yang lainnya.
Beliau lahir pada hari Kamis, 28 Oktober 1928. Beliau adalah putra pertama dari Kyai Zubair Dahlan. Seorang Kyai yang tersohor karena kesederhanaan dan sifatnya yang merakyat, salah seorang murid pilihan dari Syaikh Sa’id Al-Yamani serta Syaikh Hasan Al-Yamani Al- Makky, dua ulama yang kesohor pada saat itu. Ibundanya adalah putri dari Kyai Ahmad bin Syu’aib, ulama kharismatik yang teguh memegang pendirian. Kematangan ilmunya tidak ada satupun yang meragukan. Sebab sedari kecil beliau sudah dibesarkan dengan ilmu-ilmu agama. Sebelum menginjak remaja, beliau diasuh langsung oleh ayahandanya untuk menghafal dan memahami ilmu Shorof, Nahwu, Fiqih, Manthiq, Balaghah dan bermacam-macam ilmu Syara’ lainnya.
Pada usia sekitar 17 tahun, beliau sudah hafal diluar kepala kiab Jurumiyyah, Imrithi, Alfiyyah Ibnu Malik, Matan Jauharotut Tauhid, Sullamul Munauroq serta Rohabiyyah fil Faroidl. Seiring pula dengan kepiawaiannya melahap kitab-kitab fiqh madzhab Asy-Syafi’I, semisal Fathul Qorib, Fathul Mu’in, Fathul Wahhab dan lain sebagainya.
Pada tahun 1945 beliau memulai pengembaraannya ke Pondok Lirboyo Kediri, selama kurang lebih lima tahun, dibawah bimbingan KH. Abdul Karim (Mbah Manaf), KH. Mahrus Ali dan KH.Marzuqi. Menginjak usia 21 tahun, beliau meneruskan pengembaraanya ke Makkah AlMukarromah, selama kurang lebih 2 tahun berkutat dengan ilmu-ilmu agama didalam bimbingan Sayyid ‘Alawi bin Abbas Al-Maliki, Syaikh Al-Imam Hasan Al-Masysyath, Sayyid Amin Al-Quthbi, Syaikh Yasin bin Isa Al- Fadani dan masih banyak lagi.
Sekembalinya dari Tanah suci, beliau masih mengasah dan memperkaya pengetahuannya dengan belajar kepada ulama-ulama besar tanah Jawa saat itu. Seperti KH. Baidlowi lasem (mertua beliau), KH. Ma’shum lasem, KH. Ali Ma’shum Krapyak Jogjakarta, KH. Bisri Musthofa, Rembang, KH. Abdul Wahhab Hasbullah, KH. Mushlih Mranggen, KH. Abbas, Buntet Cirebon, Sayikh Ihsan, Jampes Kediri dan juga KH. Abul Fadhol, Senori.
Pada tahun 1965 beliau mengabdikan diri untuk berkhidmat pada ilmu-ilmu agama. Hal itu diiringi dengan berdirinya Pondok Pesantren yang berada disisi kediaman Beliau. Pesantren yang di isi ribuan santri putra dan putri yang sekarang dikenal dengan nama Al-Anwar. Satu dari sekian pesantren yang ada di Karangmangu Sarang Rembang. Kemudian sekitar tahun 2008 beliau kembali mengibarkan sayapnya dengan mendirikan Pondok Pesantren Al-Anwar 2 di Gondan Sarang Rembang, yang kemudian oleh beliau dipasrahkan pengasuhannya kepada putranya KH. Ubab Maimun
Mbah Moen, begitu orang biasa memanggilnya,. banyak dikenal dan mengenal erat tokoh-tokoh nasional, tapi itu tidak menjadikannya tercerabut dari basis tradisinya semula. Sementara walau sering kali menjadi peraduan bagi keluh kesah masyarakat, tapi semua itu tetap tidak menghalanginya untuk menyelami dunia luar, tepatnya yang tidak berhubungan dengan kebiasaan di pesantren sekalipun. Pada umur 25 tahun, beliau menikah dan selanjutnya menjadi kepala pasar Sarang selama 10 tahun. Beliau juga pernah menjadi anggota DPRD kabupaten Rembang selama 7 tahun. Setelah berakhirnya masa tugas, beliau mulai berkonsentrasi mengurus pondoknya yang baru berdiri selama sekitar 7 atau 8 tahun. Tapi rupanya tenaga dan pikiran beliau masih dibutuhkan oleh negara sehingga beliau diangkat menjadi anggota MPR RI utusan Jateng selama tiga periode.
Dalam dunia politik beliau tergolong kiyai yang adem-ayem. Di saat NU sedang ramai mendirkan PKB (1998) mbah mun lebih memilih diam dan istiqomah di PPP, partai dengan gambar Ka’bah.
Keharuman nama dan kebesaran beliau sudah tidak bisa dibatasi lagi dengan peta geografis. Banyak sudah kiyai dan santri yang berhasil “jadi orang” karena ikut di-gulo wentah dalam pesantren beliau. Dan telah terbukti bahwa ilmu-ilmu yang beliau miliki tidak cuma membesarkan jiwa beliau secara pribadi, tapi juga membesarkan setiap santri yang bersungguh-sungguh mengecap tetesan ilmu dari Beliau.
Semoga kita tetap menjadi santri Beliau yang baik, mampu meneladani dan mengamalkan ilmu serta mengembangkan untuk menjadi manusia yang tetap bermanfaat, khoirunnas anfa’uhum linnas. miliki ilm yuntafa’u bih.

CONTOH PROTOKOL / MC


CONTOH PROTOKOL / PEMBAWA ACARA FORMAL

Assalaamu’alaikum Wr.Wb.

Kepada yang Kami hormati
Bp.Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara
Ibu Kasi Pekapontren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara
Bp. Ibu Kasi Gara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara
Bp. Ka. Polres Jepara
Bp. Ketua MUI Kabupaten Jepara
Hadhirin-Hadhirot Rokhimakumulloh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji Syukur kita keHadirat Alloh SWT yang telah memberi Rahmat dan Karunian-Nya sehingga kita dapat berkumpul di Majlis ini.

Sholawat dan salam mari kita sanjungkan kepada Rosululloh Muhammad SAW yang kita jadikan Panutan dan Tuntunan hidup serta kita nantikan Syafa’at UdzmahNya di Hari Kiamat.

PEMBACAAN AGENDA
Sebelum acara dimulai, perkenankanlah saya untuk membacakan urutan acara pada acara pembinaan mental ini:
Pertama PEMBUKAAN
Kedua pembacaan kalam Ilahi
Ketiga Sambutan dari Kasi Pekapontren
Keempat Pengarahan Ka. Kankemenag Kab. Jepara
Kelima Doa
Selanjutnya yaitu Pembinaan Mental
a. Narasumber 1 : Ka. Polres Jepara
b. Narasumber 2 : Ketua MUI Kab. Jepara
Dan yang terakhir Penutup

MEMBUKA ACARA
Hadhirin Hadhirot yang Kami hormati, mari acara pada pagi ini kita buka dengan bacaan BASMALLAH/UMMUL KITAB : AL-FATIKHAH

MEMPERSILAHKAN SAMBUTAN / MENGISI PENGAJIAN [ucapan terima kasih]
Bapak Ibu Hadhirin yang Kami Hormati, acara selanjutnya yaitu pembacaan kalam Ilahi
Kepada Bapak K. Surani kami persilahkan.

Kami ucapkan terima kasih kepada beliau.

Bapak Ibu Hadhirin yang Kami Hormati, acara selanjutnya yaitu Sambutan dari Kasi Pekapontren
Kepada Ibu Dra. Hj. Hastuti Harijati kami persilahkan.

Kami ucapkan terima kasih kepada beliau.

Bapak Ibu Hadhirin yang Kami Hormati, acara selanjutnya yaitu Pengarahan Ka. Kankemenag Kab. Jepara
Kepada Bapak Drs. H. Sholikhin, MM kami persilahkan sekaligus MEMBUKA ACARA PEMBINAAN MENTAL.

Kami ucapkan terima kasih kepada beliau.

Bapak Ibu Hadhirin yang Kami Hormati, acara selanjutnya yaitu doa
Kepada Bapak KH. Masduki Ridhwan


Demikianlah acara Pembukaan Pembinaan Mental, marilah acara pada pagi hari ini kita tutup dengan membaca TAHMID bersama-sama ….

Pembinaan Mental yang akan dimoderatori Bapak H. Suirsono, S.Pd.I.
a. Narasumber 1 : Ka. Polres Jepara
b. Narasumber 2 : Ketua MUI Kab. Jepara

Bapak Ibu Hadhirin, demikianlah pembinaan mental pada siang hari ini. Semoga kita dapat memperoleh hikmah dan dapat melaksanakan apa yang sudah disampaikan.

PENUTUP
Sebelum acara saya tutup, perkenankanlah kami disini mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak-Ibu dalam acara pembinaan mental ini. Dan apabila saya dalam membawakan acara terdapat kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. .

Marilah acara pada siang hari ini kita tutup dengan membaca TAHMID bersama-sama ….

Wassalaamu’Alaikum Wr-Wb.

Senin, 18 Juli 2011

HARI AKHLAK


Nabi Muhammad saw diutus untuk menyempurnakan akhlak.
Di sini saya tulis sebagian akhlak yang telah diajarkan Nabi dan salafus sholihin, sebagai harapan kita dapat mengamalkan dengan baik dan benar.
Tulisan ini didasari dari berbagai sumber kitab-kitab salaf dan berbagai tulisan tentang akhlak. Semoga bermanfaat.

Adab terhadap orang tua
1.kewajiban anak kepada orang tua
a.mendengarkan nasehat orang tua
b.mematuhi perintah orang tua
c.melaksanakan perintah orang tua
d.terbiasa mencintai orang tua
2.membiasakan bersalaman dengan mencium tangan orang tua setiap akan berangkat dari rumah
3.membiasakan mengucapkan salam kepada orang tua
a.mengucapkan dan menjawab salam kepada orang tua
b.mengucapkan salam ketika berangkat sekolah
c.mengucapkan dan menjawab salam ketika masuk rumah
d.musafakhah ( salaman ) kepada orang tua ketika akan pergi

4.membiasakan berdo'a terhadap orang tua
5.mengetahui kewajiban anak kepada orang tua selama masih hidup
6.mengetahui kewajiban anak kepada orang tua ketika sudah meninggal
7.melaksanakan kewajiban anak kepada orang tua selama masih hidup ataupun sesudah wafat
8.mengetahui dan menerapkan cinta kasih kepada orang tua
9.membiasakan berperilaku menyenangkan hati kepada kedua orang tua
10.tidak memanggil orang tua dengan namanya langsung
11.tidak melihat orang tua dengan mata melotot di hadapannya
12.mau mendo'akan orang tua setiap hari atau habis shalat
13.membiasakan diri selalu patuh kepada kedua orang tua dalam kehidupan
14.sadar akan beratnya orang tua dalam mendidik
15.mengetahui apa yang dilakukan orang tua terhadap anaknya
16.dapat meniru kelak menjadi orang dewasa atau orang tua
17.sabar dalam menjalankan kewajibannya terhadap orang tuanya


Adab terhadap guru
a.membiasakan menghormati dan mentaati kepada guru
1.mendengarkan nasehat guru
2.melaksanakan nasehat guru
3.mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4.membiasakan diri bersikap sopan kepada guru
b.membiasakan mengucapkan salam kepada guru
1.mengucapkan dan menjawab salam dengan benar
2.membiasakan musafakhah ( salaman ) / ﻣﺴﻓﺧﮫ dengan guru
c.membiasakan memuliakan guru
d.mau mencari ridhanya guru
e.tidak memanggil guru dengan namanya
f.suka mendo’akan gurunya



Adab terhadap teman
a.kewajiban terhadap teman
1.membiasakan tolong menolong sesama teman
2.membiasakan rukun terhadap teman
3.memaafkan kesalahan teman

b.membiasakan mengucapkan salam kepada teman
c.menghormati teman yang lebih besar
d.menyayangi teman yang lebih kecil


Mengenal dan memahami do'a-doa
1.mengetahui dan membiasakan berdo'a sebelum dan sesudah makan
2.mengetahui dan membiasakan berdo'a sebelum dan sesudah bangun tidur
3.mengetahui dan membiasakan berdo'a sebelum dan sesudah belajar


Adab memanfaatkan waktu
1.mengetahui dan memanfaatkan waktu dengan baik
a.waktu shalat
b.waktu mengaji
c.waktu belajar
2.memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya


Adab belajar, meliputi :
1.persiapan-persiapan sebelum berangkat ke sekolah
2.membiasakan meminta izin (pamit) kepada orang tua sebelum berangkat sekolah
3.kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan setelah pulang sekolah
4.perilaku yang harus dilakukan selama mengikuti pelajaran disekolah

Adab di rumah ( terhadap saudara )
1.kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan di rumah
a.memilki sifat-sifat hidup rukun
b.membiasakan hidup rukun dengan saudara-saudaranya
c.membiasakan diri menghindari sikap sombong
d.membiasakan diri berperilaku ramah
2.mau mengingatkan kesalahan saudara
3.gemar memaafkan kesalahan saudaranya
4.tidak meremehkan saudaranya.
5.dapat menyebutkan nama-nama saudarannya
Adab terhadap diri sendiri
1.mengenal dan mengetahui adab terhadap diri sendiri
a.menjalankan kewajiban-kewajiban terhadap diri sendiri
2.membiasakan waspada dalam kehiduapan sehari-hari
3.menghindari sifat sombong
4.meneladani nilai-nilai perjuangan pahlawan, ulama dan guru
5.membiasakan diri menghindari perilaku-perilaku yang buruk

Adab di majelis ta'lim
1.membiasakan bersikap tenang selama berada di majelis ta'lim
2.terbiasa berdoa sebelum memulai belajar
3.membiasakan diri memperhatikan pelajaran selama berada di majelis ta'lim

Adab terhadap ilmu
1.mengenal dan mengetahui adab terhadap ilmu
2.mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dalam mencari ilmu
3.membiasakan diri bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu
4.mengetahui dasar-dasar ilmu-ilmu agama
5.mau mengamalkan ilmu yang telah diperolehnya

Akhlak kepada Allah
1.mengenal, mengetahui dan memahami akhlak kepada Allah
2.dapat taat dan tunduk pada perintah Allah
3.bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah
4.mau menjalankan shalat 5 waktu
5.dapat menjaga diri dari sifat somboig
6.menerapkan sifat takut atas siksaan Allah
7.selalu mengingat Allah

Akhlak kepada Malaikat
1.mengenal, mengetahui dan memahami akhlak kepada Malaikat
2.mampu menyebutkan sifat-sifat beserta tugas-tugas para malaikat
3.mau mengambil pelajaran dari sifat para Malaikat

Akhlak kepada RasuluIIah utamanya Nabi Muhammad SAW
1.mengenal, mengetahui dan memahami akhlak kepada RasuluIIah
2.dapat menyebutkan sifat-sifat Rasulullah
3.mau mengambil pelajaran dari sifat para Rasulullah
4.gemar membaca sholawat kepada Nabi
5.meniru akhlaq yang telah dicontohkan oleh Nabi SAW (yaitu : Qana'ah, syaja'ah, haya') dan lain-lainnya
6.selalu membiasakan untuk berakhlak seperti akhlaqnya Nabi SAW
7.dapat memperlakukan pembantu (buruh) seperti Nabi
8.dapat berakhlaq kepada siapa saja baik anak kecil atau besar
9.meniru Nabi selalu memperhatikan tetangganya yang membutuhkan
10.selalu menepati janji, jika berjanji
11.selalu membiasakan disiplm waktu dan kebersihan
Akhlak kepada Kitabullah
1.mengenal, mengetahui dan memahami akhlak kepada kitabullah
2.dapat menyebutkan sifat-sifat kitabullah
3.mau mengambil pelajaran dari sifat para kitabullah

Akhlak terhadap hari akhir
1.memahami dan meyakini akhlak terhadap hari akhir
2.dapat menyebutkan tanda-tanda hari akhir
3.mau meyakini akan datangnya hari akhir

Akhlaq terhadap kerabat
1.memahami Akhlak terhadap kerabat dan menjaga silaturrahmi
2.terbiasa hidup rukun dengan kerabat
3.menolong kerabatnya
4.mau mengingatkan kesalahan kerabatnya
5.gemar memaafkan kesalahan kerabatnya
6.gemar melakukan silaturrahmi
7.man memberi salam atau mengucapkan salam dan menyapa jika bertemu saudara

Akhlaq terhadap pembantu
1.dapat berkomunikasi terhadap pembantu dengan baik
2.mau menolong pembantu
3.selalu menjaga hidup rukun dengan pembantu
4.mau memaafkan kesalahan pembantu
5.dapat menghindari sikap kasar terhadap pembantu

Akhlak terhadap tetangga
1.memahami pentingnya hidup bertetangga
2.mau membantu tetangga
3.selalu menjaga hidup rukun dengan tetangga
4.dapat berkomunikasi dengan baik dengan tetangga
5.mau memaafkan kesalahan tetangga
6.dapat menghindari sikap kasar terhadap tetangga
7.gemar melakukan silaturrahmi terhadap tetangga
8.tidak mengganggu waktu istirahat tetangga
9.tidak bertamu pada tengah malam

KENALI, giving LOVE



Kitab-kitab bagi Penuntut Ilmu.

Kitab Aqidah
1.Kitab Tsalaatsatul Ushuul (Tiga landasan Utama).
2.Kitab Al Qowaiaidul Arba' (Empat kaidah).
3.Kitab Kasyfusy Syubuhat (membongkar syubhat).
4.Kitab At Tauhid.
Semuanya adalah tulisan dari Imam Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullah.

1.Kitab Al Aqiidah Al Washithiyyah, yang mencakup tauhid Asma' Wa Shifat. Inilah kitab terbaik dan
kitab ini amat penting untuk dibaca dan dipelajari (berulang-ulang).
2.Kitab Al Hamawiyah.
3.Kitab Tadmuriyyah. Pembahasan didalam kedua kitab ini lebih luas dibanding Al Aqidah Al Washitiyah.

Ketiga kitab ini ditulis oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah.

1.Kitab Al Aqiidah Ath Thahaawiyyah, karya Syaikh Abu Ja'far Ahmad bin Muhammad Ath Thahawi rahimahullah.
2.Kitab Syarh Al Aqiidah Ath Thahawiyah karya Abul Hasan 'Ali bin Abil 'Izz rahimahullah.
3.Kitab Ad Durarus Saniyyah fi Ajwaibah An Najdiyyah, karya Syaikh Abdurrahman bin Qosim rahimahullah.
4.Kitab Ad Durratul Madhiyyah fi 'Aqidatil Al Firqah Al Mardhiyyah, karya Muhammad bin Ahmad As Safarini Al Hambali. Tapi ada beberapa point yang menyimpang dari manhaj salaf dalam kitab ini. Oleh karena itu, perlu penjelasan dari seorang Syaikh yang memahami manhaj salaf dengan benar agar mampu menjelaskan point-point yang menyimpang.

Kitab Hadits
1.Kitab Fathul Baari Syarh Shahiih al Bukhori, karya Ibnu Hajar Al Atsqolani rahimahullah.
2.Kitab Subulus Salam Syarh Bulughul Maram, karya Ash Shan'ani rahimahullah. Kitab ini memadukan antara kitab hadits dan fiqih.
3.Kitab Nailul Authar Syarh Muntaqaa Al Khbaar, karya Asy Syaukani rahimahullah.
4.Kitab 'Umdatul Ahkam karya Abdul Ghoni Al Maqdisi rahimahullah. Ini adalah kitab yang ringkas dan sebagian besar haditsnya terdapat dalam kitab shahihain (Shahih Al Bukhori dan Muslim) sehingga keshahihannya tidak perlu dibahas.
5.Kitab Arba'in An Nawawiyah, karya Abu Zakariya An Nawawi rahimahullah. Ini adalah kitab yang baik karena didalamnya terkandung adab dan manhaj yang baik serta kaidah-kaidah yang sangat bermanfaat.
6.Kitab Bulughul Maram, karya Al Hafidz Ibnu Hajar Al Atsqolani rahimahullah. Ini adalah kitab yang bermanfaat terutama beliau menyebutkan perawi dan menerangkan pula orang yang menshahihkan dan mendhaifkan hadits dan memberi komentar terhadap hadits-hadits itu.
7.Kitab Nukhbatul Fikr karya Al Hafidz Ibnu Hajar Al Atsqolani rahimahullah yang dianggap mencukupi. Bila seorang penuntut ilmu memahaminya secara sempurna maka hal ini akan membuatnya tidak memerlukan kitab lain dalam ilmu mustholah hadits. Ibnu Hajar -rahimahullah- memiliki metode yang baik dalam menyusunnya baik pokok dan terbagi (cabang). Maka seorang penuntut ilmu akan bersemangat jika membacanya karena dibangun berdasar pemikiran, dan saya (Syaikh Al Utsaimin -red) katakan : Amat baik bagi penuntut ilmu untuk menghafalnya karena merupakan ringkasan yang amat bermanfaat dalam ilmu musthalah.
8.Kitab yang enam (Kutubus Sittah) yaitu Shahih Al Bukhari, Shahih Muslim, Sunan An Nasai, Sunan Abi Daud, Sunan Ibnu Majah, Sunan At Tirmidzi. Saya nasihatkan agar penuntut ilmu banyak membaca kitab-kitab ini karena didalamnya terkandung dua faedah : Pertama, merujuk pada hal yang pokok. Kedua, mengulang-ulang nama-nama perawi dalam ingatannya. Jika engkau mengulang-ulang nama perawi, hampir tidak pernah dalam sanad manapun yang tidak bertemu dengan salah seorang rawi Al Bukhori -misalnya- maka akan lebih dikenal bahwa dia adalah rawi Al Bukhori, dan dia bisa mengambil faedah dalam ilmu hadits ini.

Kitab Fiqih
1.Kitab Aadabul Masyyi Ilaash Shalaah, karya Syaikhul Islam Muhamamd bin Abdul Wahab rahimahullah.
2.Kitab Zaadul Mustaqni' fii Ikhtishaaril Muqni", karya Al Hijawi rahimahullah dan ini adalah sebaik-baik matan dalam ilmu fiqih dan merupakan kitab yang ringkas dan padat. Guru kami telah mengisyaratkan kepada kami untuk menghafalnya, padahal beliau telah menghafal matan Daliiluth Thaalib.
3.Kitab Umdatul Fiqh, karya Imam Ibnu Qodamah rahimahullah.
4.Kitab Faraaidh.
5.Kitab matan Ar Rahabiyyah, karya Ar Rahabi.
6.Kitab matan Al Burhaniyyah, karya Muhammad Al Burhany rahimahullah. Ini adalah kitab yang ringkas, bermanfaat dan mencakup masalah faraaidh. Saya melihat bahwa Al Burhaniyyah lebih baik daripada Ar Rahabiyyah, karena kitab Al Burhaniyyah lebih lengkap.

Kitab Tafsir
1.Kitab Tafsiir Al Quran Al Azhiim, karya Ibnu Katsir rahimahullah. Ini adalah kitab yang bagus dalam masalah tafsir dengan atsar (riwayat), bermanfaat dan aman, namun kandungan Irob dan balaghohnya sedikit.
2.Kitab Taiisirul Kariimir rahmaan fii Tafsiir Kalaamil Mannan, karya Syaikh Abdurrahman As Sa'di rahimahullah. Ini adalah kitab yang bagus, mudah difahami dan aman. Saya nasehatkan untuk dibaca.
3.Kitab Muqoddimah Syaikhul Islam fii Tafsiir, dan ini adalah muqoddimah yang penting dan bagus dalam ilmu tafsir.
4.Kitab Adhwaaul Bayaan, karya Al Allamah Muhammad Asy Syinqithi rahimahullah. Ini adalah kitab yang memadukan antara hadits, fiqih, tafsir dan ushul fiqh.

Kitab Umum dan Beberapa Disiplin Ilmu
1.Dalam ilmu nahwu, Kitab Matan Al Aajurumiyyah, ini adalah kitab nahwu yang ringkas dan padat.
2.Dalam ilmu nahwu, Kitab Alfiyah Ibni Malik, ini adalah kitab ringkasan dari ilmu nahwu.
3.Dalam masalah Siroh (perjalanan hidup/sejarah) kitab terbaik yang saya lihat adalah Zaadul Ma'aad karya Ibnu Qoyyim Al Jauziyah rahimahullah. Kitab ini sangat bermanfaat yang menerangkan sejarah Rosululloh sholallahu alaihi wassalam dalam segala aspek kehidupan, kemudian diterangkan aspek hukumnya.
4.Kitab Raudhatul Uqalaa', karya Imam Ibnu Hibban Al Busti rahimahullah. Meskipun ringkas, kitab ini adalah kitab yang amat berfaedah dan banyak menghimpun pelajaran dari kisah-kisah ulama', Ahli hadits dan yang lainnya.
5.Kitab Siyar 'Alammin Nubalaa', karya Imam Azd Dzahabi rahimahullah. Kitab ini memiliki faedah yang amat banyak dan banyak mengandung pelajaran yang harus dibaca dan dipelajari oleh para penuntut Ilmu.
-o0o-

Sumber : Panduan Lengkap Menuntut Ilmu (judul asli : Kitab Al Ilmu)
Penerbit Pustaka Ibnu Katsir 2006

korupsi SEDOSO



Sepuluh 10 BENTUK KORUPSI menurut UNCICP
(United Nation Centre of International Crime Prevention2002)
(Pusat pencegahan Kejahatan Internasional PBB 2002)
1.PENYUAPAN (BRIBERY), baik aktif (penyuap) maupun pasif (penerima suap)
2.PENGGELAPAN (EMBLEZZLEMENT) terhadap uang dan atau dokumen berharga yang disimpan / ada pada seseorang karena kedudukan/ jabatan
3.KOMISI (COMMISSION) , fee/rabat yang berkaitan dengan pemborongan, leveransir dan rekanan.
4.PEMERASAN (EXTORTION) , dalam jabatan memaksa seseorang memberikan sesuatu, membayar atau menerima pembayaran dengan potongan atau untuk mengerjakan sesuatu untuk dirinya sendiri , meminta,menerima atau memotong pembayaran / pungutan liar
5.PILIHKASIH (FAVORITISM)
6.PENYALAHGUNAAN WEWENANG (ABUSE OF POWER)(90% tindak pidana korupsi melibatkan pejabat publik berkaitan dengan penyalahgunaan wewenang )
7.BISNIS ORANG DALAM(INSIDER TRADING misalnya turut serta dlm pemborongan, pengadaan atau persewaan, yang pd saat dilakukan perbuatan untuk seluruh atau sebagian ditugaskan untuk mengurus atau mengawasinya ( bertentangan dengan pedoman pengadaan barang / jasa pemerintah).
8.NEPOTISME (NEPOTISM )
9.SUMBANGAN ILEGAL (ILLEGAL CONTRIBUTION)
10.PEMALSUAN (FRAUD)
misalnya memalsu buku-buku atau daftar-daftar yang khusus untuk pemeriksaan administrasi terutama keuangan.

CERDAS, where ARE we


Ngomong-ngomong soal kecerdasan, kita mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kecerdasan Intelektual atau akademik, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan lainnya. Untuk keseimbangan, setidaknya ada 3 macam aspek kecerdasan yang harus diasah atau dikembangkan dalam setiap diri kita masing-masing, yaitu aspek kognitif (berhubungan dengan olah pikir), aspek psikomotorik (berhubungan dengan olah fisik), dan aspek afektif (berhubungan dengan olah rasa). Kegiatan belajar mengajar sehari-hari umumnya hanya mengembangkan aspek kognitif atau kecerdasan intelektual saja, sedangkan pengembangan aspek psikomotorik dan afektif porsinya sangat kurang. Pengembangan kedua aspek tersebut sangat tergantung pada kesadaran masing-masing individu untuk mengembangkannya melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Kalau digali lebih jauh lagi, ternyata dalam diri kita ini sesungguhnya tersimpan potensi kecerdasan-kecerdasan lainnya. Perlu dipahami oleh orang tua dan para pendidik bahwa setiap anak atau anak didik (siswa ataupun mahasiswa), sesungguhnya bersifat unik yaitu masing-masing individu mempunyai potensi kecerdasan yang berbeda-beda, sehingga setiap anak pasti mempunyai keunggulan kecerdasan yang berbeda-beda pula. Hal ini dapat kita lihat dalam lingkungan keluarga kita masing-masing. Meskipun dibesarkan dalam lingkungan dan perlakuan yang sama, ternyata masing-masing anak atau anggota keluarga mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda pada kenyataannya.

Proses belajar mengajar di sekolah ataupun di kampus, umumnya hanya mengukur sebagian kecil kecerdasan saja, terutama kecerdasan akademik atau intelektual saja. Oleh karena itu jangan heran apabila sukses di bidang akademik saja (lulus dengan predikat Cum Laude atau IPK tinggi) tidak bakal menjamin sukses setelah terjun di masyarakat, sebab ada kecerdasan-kecerdasan lain yang perlu diasah untuk keseimbangan diri.

Apa sajakah potensi kecerdasan-kecerdasan lain dalam diri kita itu, silahkan simak uraian berikut (Topik yang sangat menarik perhatian saya ini saya sadur dari beberapa sumber. Saya yakin informasi ini juga sangat menarik perhatian para pembaca, sehingga saya merasa perlu untuk berbagai informasi melalui blog saya ini. Semoga bermanfaat).

Konsep Kecerdasan Ganda
Menurut Prof. Howard Gardner, seorang psikolog dan pakar ilmu saraf dari Universitas Harvard, Amerika Serikat sang penemu konsep teori kecerdasan ‘Multiple Intelligences’ atau Kecerdasan Majemuk atau Kecerdasan Ganda , manusia itu -siapa saja mereka (kecuali cacat atau punya kelainan otak)- sedikitnya memiliki 9 kecerdasan yang tersimpan dalam otak. Kecerdasan manusia, saat ini tak hanya dapat diukur dari kepandaiannya menguasai matematika atau menggunakan bahasa.

Ada banyak kecerdasan yang dapat diidentifikasi di dalam diri manusia. Konsep kecerdasan ganda ini bila dipahami dengan baik, akan membuat semua orangtua memandang potensi anak lebih positif. Para orangtua dan pendidikpun dapat menyiapkan sebuah lingkungan yang menyenangkan dan memberdayakan di rumah maupun di sekolah atau kampus.

Coba bagaimana menentukan siapa yang cerdas dalam pertanyaan berikut : “Siapa yang paling cerdas di lapangan sepakbola, apakah David Beckham atau Albert Einstein?” Juga, “Siapa yang cerdas di panggung musik, apakah Krisdayanti atau Susi Susanti?”. Mereka semua cerdas di bidangnya masing-masing. Kita tak bisa menggunakan satu parameter untuk membandingkan kecerdasan mereka.

Dunia dengan segala isinya ini merupakan ruang belajar untuk mengembangkan kecerdasan. Di sekolah, anak bisa diajak keluar kelas untuk mengamati setiap fenomena yang terjadi di dunia nyata. Sementara di rumah, anak bisa memanfaatkan benda-benda dan materi di sekitar rumah. Konsep Multiple Intelligences ini mengajarkan kepada anak bahwa mereka bisa belajar apapun yang ingin mereka ketahui. Apapun yang ingin diketahuinya itu dapat ditemui di dalam kehidupan nyata yang dapat mereka alami sendiri. Sementara, bagi orangtua maupun pendidik, yang dibutuhkan hanya kreatifitas dan kepekaan untuk mengasah kemampuan anak.

Para peneliti pendidikan seperti Vernon A. Magnesen tahun 1983 dan sekelompok peneliti seperti Bobbi DePorter; Mark Reardon, dan Sarah tahun 2000, menjelaskan bahwa kita sebenarnya mendapat pengetahuan dari apa yang kita baca (10%), dari apa yang kita dengar (20%), dari apa yang kita lihat (30%), dari apa yang kita lihat dan dengar (50%), dari apa yang kita katakan (70%) dan dari apa yang kita katakan dan lakukan (90%).

Nah dari situ terlihat bahwa dari aktivitas seperti apakah kita lebih banyak mendapatkan pengetahuan? Ya, dari yang kita lihat dan dengar serta dari paraktik yang kita lakukan. Belajar dengan menggunakan teori kecerdasan ganda bukan cuma menegaskan “How smart they are” tapi “How they are smart!” Bukan ‘seberapa pintar anak’ tapi ‘bagaimana mereka bisa menjadi pintar’.

Apa saja Sembilan jenis Kecerdasan itu ?

1.Kecerdasan Linguistik

Yaitu kecerdasan dalam mengolah kata-kata secara efektif baik bicara ataupun menulis (jurnalis, penyair, pengacara)
Ciri-ciri :
- Dapat berargumentasi, meyakinkan orang lain, menghibur atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata
- Gemar membaca dan dapat mengartikan bahasa tulisan dengan jelas

2. Kecerdasan Matematis-Logis
Yaitu kecerdasan dalam hal angka dan logika (ilmuwan, akuntan, programmer)

Ciri-ciri
- Mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi
- Berpikir dalam pola sebab akibat, menciptakan hipotesis
- Pandangan hidupnya bersifat rasional

3. Kecerdasan Visual-Spasial
Yaitu kecerdasan yang mencakup berpikir dalam gambar, serta mampu untuk menyerap, mengubah dan menciptakan kembali berbagai macam aspek visual (arsitek, fotografer, designer, pilot, insinyur)
Ciri-ciri :
- Kepekaan tajam untuk detail visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk dan ruang
- Mudah memperkirakan jarak dan ruang
- Membuat sketsa ide dengan jelas

4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani
Yaitu kecerdasan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresiakan gagasan dan perasaan (atlet, pengrajin, montir, menjahit, merakit model)

Ciri-ciri :
- Menikmati kegiatan fisik (olahraga)
- Cekatan dan tidak bisa tinggal diam
- Berminat dengan segala sesuatu

5. Kecerdasan Musikal
Yaitu kecerdasan untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk musik dan suara (konduktor, pencipta lagu, penyanyi dsb)

Ciri-ciri :
- Peka nada dan menyanyi lagu dengan tepat
- Dapat mengikuti irama
- Mendengar music dengan tingkat ketajaman lebih

6. Kecerdasan Interpersonal
Yaitu kecerdasan untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak dan temperamen orang lain (networker, negotiator, guru)
Ciri-ciri :
- Menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, terbuka
- Menjalin kontak mata dengan baik
- Menunjukan empati pada orang lain
- Mendorong orang lain menyampaikan kisahnya

7. Kecerdasan Intrapersonal
Yaitu kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertidak secara adaptif berdasar pengenalan diri (konselor, teolog)
Ciri-ciri :
- Membedakan berbagai macam emosi
- Mudah mengakses perasaan sendiri
- Menggunakan pemahamannya untuk memperkaya dan membimbing hidupnya
- Mawas diri dan suka meditasi
- Lebih suka kerja sendiri

8. Kecerdasan Naturalis
Yaitu kecerdasan memahami dan menikmati alam dan menggunakanya secara produktif dan mengembangkam pengetahuan akan alam (petani, nelayan, pendaki, pemburu)

Ciri-ciri :
- Mencintai lingkungan
- Mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang
- Senang kegiatan di luar (alam)

9. Kecerdasan Eksistensial
Yaitu kecerdasan untuk menjawab persoalan-persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia (filsuf, teolog,)

Ciri-ciri :
- Mempertanyakan hakekat segala sesuatu
- Mempertanyakan keberadaan peran diri sendiri di alam/ dunia.

Rabu, 13 Juli 2011

CAPAI KUALITAS DIRI DENGAN PUASA




‘‘Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa"(Al-Baqarah ayat 183)
"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa, pasti kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi." (QS. Al-A`raf : 96)
Salah satu upaya mencapai kualitas kepribadian seorang hamba, adalah dengan sering melakukan ibadah puasa, jika ibadah puasa itu betul-betul diamalkan hanya untuk memperoleh ridho Allah swt, dan dilaksanakan sesuai tuntunan sunnah Nabi,dan banyak melakukan amal ibadah lainnya, Allah swt menjamin seorang hamba itu akan mendapat derajat taqwa. Bukankah esensi pelaksanaan ibadah puasa itu menciptakan insan taqwa, membentuk pribadi yang jujur, ingat selalu kepada Allah swt, menghilangkan noda dosa dan dapat mengantisipasi untuk tidak berbuat dosa lagi.
Bulan Ramadhan yang sesaat lagi akan kita jelang perlu menjadi momen di mana segenap elemen bangsa memfokuskan perhatiannya pada pembinaan masyarakat (tarbiyatul ummah) di bulan ini. Puasa dengan segala kesibukan aktivitas ritualnya diharapkan dapat mendidik masyarakat mengendalikan gejolak nafsunya, baik nafsu amarah, nafsu birahi dan nafsu untuk memanipulasi serta memakan makanan haram. Pelajaran menahan diri ini merupakan esensi yang sangat penting bagi pembinaan kesalehan sosial. Tidak heran fakta menunjukkan dengan hadirnya bulan Ramadhan tingkat kriminalitas dapat ditekan.
Agar efektif, seluruh elemen harus kompak memanfaatkan momen ini. Beberapa di antara pihak-pihak yang strategis dalam pembinaan masyarakat ini adalah institusi pendidikan dengan program-programnya yang disesuaikan dengan bulan Ramadhan, tokoh-tokoh masyarakat dengan keteladanannya, tokoh-tokoh agama dengan ilmu keagamaannya, serta pemerintah dengan kebijakannya. Kebijakan menutup tempat-tempat maksiat selama bulan Ramadhan merupakan i’tikad baik untuk membantu memperlancar penempaan kesalehan sosial di bulan Ramadhan.
Peran strategis lainnya yang perlu diperhatikan adalah peran masjid. Masjid dalam sejarahnya memiliki peran sebagai pusat aktivitas pambinaan umat. Masjid bukan sekadar tempat melakukan aktivitas ritual semata. Masjid adalah pusat peradaban. Masjid merupakan madrasah tempat pembinaan ilmu-ilmu keagamaan.
Kembali kepada inti tulisan ini, Ibadah puasa diwajibkan atas orang-orang yang beriman agar menjadi orang yang bertaqwa. Orang yang bertaqwa akan diberi keberkahan oleh Allah swt dalam segala hal nikmat yang dilimpahkan-Nya,baik nikmat rezeki, nikmat berkeluarga, anak-anaknya patuh dan taat, isterinya setia, nikmat ketenangan jiwa, tidak resah dan gelisah, dan nikmat-nikmat lainnya dan mendapatkan keberkahannya. Jika suatu penduduk suatu negeri bertaqwa, bencana akan menjauh,terhindar dari musibah dan marabahaya. Keberkahan bukan seperti benda atau barang yang bernilai seperti berlian atau emas, tetapi keberkahaan hanya bisa dirasakan dalam jiwa dan hati orang-orang beriman. Misalnya, dalam perkara rezeki seperti harta yang kita terima atau uang, makanan, walaupun ia sedikit tetapi cukup, mengenyangkan dan menyehatkan anggota badan.
Berkah dalam hidup, yang paling penting sehat rohani dan jasmani,kehidupan kita akan menjadi aman bahagia, hati senang, jiwa tenteram dan segala urusan kehidupan dapat dikendalikan dengan mudah dan senang, sekalipun dari segi kebendaan duniawi tidaklah mewah. Semoga kita senantiasa hati-hati, Tetap ingat Allah SWT, dimana saja anda berada, dalam situasi dan kondisi bagaimanapun.


Selasa, 12 Juli 2011

KENALI DUNIA



Penemuan-penemuan bermanfaat

Penemu Mesin uap Adalah James Watt Berasal dari Negara Inggris
Penemu Mesin 4 tak Adalah Nicolaus Otto Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin diesel Adalah Rudolf Diesel Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin cetak Adalah Johannes Guttenberg Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin ketik Adalah Christopher Sholes Berasal dari Negara Amerika
Penemu Radio Adalah C. Marconi Berasal dari Negara Italia
Penemu Televisi Adalah J.L. Baird & C.F. Jenkins Berasal dari Negara Amerika
Penemu Telegrap Adalah Samuel F.B. Morse Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Telepon Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat (Versi Lama)
Penemu Telepon Adalah Antonio Meucci Berasal dari Negara Italia (Versi Baru)
Penemu Dinamo Adalah Michael Faraday Berasal dari Negara Inggris
Penemu Elektromagnet Adalah Williarn Sturgeon Berasal dari Negara Inggris
Penemu Bola lampu Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Proyektor film Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Piringan hitam Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Batu baterai Adalah Volta Berasal dari Negara Italia
Penemu Termometer Adalah Galileo Galilei Berasal dari Negara Italia
Penemu Korek api Adalah Robert Boyle, John Walker Berasal dari Negara
Penemu Kapal api Adalah Robert Fulton Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Kapal selam Adalah Cornelius van Drebbel Berasal dari Negara Belanda
Penemu Sinar Rontgen Adalah Wilhelm Conrad Rontgen Berasal dari Negara Jerman
Penemu Stetoskop Adalah Rene Laennec Berasal dari Negara
Penemu Lensa Adalah Anthony Van Leuwenhook Berasal dari Negara Belanda
Penemu Mikroskop Adalah Zacharias Janssen Berasal dari Negara
Penemu Teleskop Adalah H. Lippershey Berasal dari Negara
Penemu Kamera Adalah Louis Jacques Monde da Guerre & Edwin Land Berasal dari Negara Amerika
Penemu Pesawat terbang Adalah Wilbur dan 0. Wright Berasal dari Negara Amerika
Penemu Kereta api Adalah Murdocks Berasal dari Negara Inggris
Penemu Sepeda Adalah Civrac Berasal dari Negara Prancis
Penemu Balon terbang Adalah Sir F. Whittle Berasal dari Negara
Penemu Balon karet Adalah Josep dan J. Montgolfier Berasal dari Negara
Penemu Ban karet Adalah Charles Goodyear Berasal dari Negara Amerika
Penemu Barometer Adalah Evangelista, Torricelli Berasal dari Negara Italia
Penemu Dinamit Adalah Alfred Nobel Berasal dari Negara Swedia
Penemu Lensa kaca mata Adalah Benyamin Franklin Berasal dari Negara
Penemu Mesin hitung Adalah Blaise Pascal Berasal dari Negara Prancis
Penemu Mobil Adalah Gottlich Daimler Berasal dari Negara
Penemu Motor Adalah Nikola Tesla Berasal dari Negara
Penemu Tank Adalah Sir Ernest Swinton Berasal dari Negara Inggris
Penemu Traktor Adalah Benyamin Holt Berasal dari Negara
Penemu Tangga jalan Adalah Elis G. Otis Berasal dari Negara
Penemu Kawat pijar Adalah Irving Langmuir Berasal dari Negara

NASIONALISME MELALUI LAGU



Lagu Ampar-Ampar Pisang berasal dari daerah / provinsi Kalimantan Selatan
Lagu Anak Kambing Saya berasal dari daerah / provinsi NTT
Lagu Angin Mamiri berasal dari daerah / provinsi Sulawesi Selatan
Lagu Anju Ahu berasal dari daerah / provinsi Sumatra Utara
Lagu Apuse berasal dari daerah / provinsi Papua
Lagu Ayam Den Lapeh berasal dari daerah / provinsi Sumatra Barat
Lagu Barek Solok berasal dari daerah / provinsi Sumatra Barat
Lagu Batanghari berasal dari daerah / provinsi Jambi
Lagu Bolelebo berasal dari daerah / provinsi Nusa Tenggara Barat
Lagu Bubuy Bulan berasal dari daerah / provinsi Jawa Barat
Lagu Bungong Jeumpa berasal dari daerah / provinsi NAD
Lagu Burung Tantina berasal dari daerah / provinsi Maluku
Lagu Butet berasal dari daerah / provinsi Sumatra Utara
Lagu Cik-Cik Periuk berasal dari daerah / provinsi Kalimantan Barat
Lagu Cing Cangkeling berasal dari daerah / provinsi Jawa Barat
Lagu Dago Inang Sarge berasal dari daerah / provinsi Sumatra Utara
Lagu Dayung Palinggam berasal dari daerah / provinsi Sumatra Barat
Lagu Dek Sangke berasal dari daerah / provinsi Sumatra Selatan
Lagu Desaku berasal dari daerah / provinsi NTT
Lagu Esa Mokan berasal dari daerah / provinsi Sulawesi Utara
Lagu Gambang Suling berasal dari daerah / provinsi Jawa Tengah
Lagu Gek Kepriye berasal dari daerah / provinsi Jawa Tengah
Lagu Goro-Gorone berasal dari daerah / provinsi Maluku
Lagu Gundul Pacul berasal dari daerah / provinsi Jawa Tengah
Lagu Haleleu Ala De Teang berasal dari daerah / provinsi NTB
Lagu Fluhatee berasal dari daerah / provinsi Maluku
Lagu llir-llir berasal dari daerah / provinsi Jawa Tengah
Lagu Indung-Indung berasal dari daerah / provinsi Kalimantan Timur
Lagu Injit-Injit Semut berasal dari daerah / provinsi Jambi
Lagu Jali-Jali berasal dari daerah / provinsi DKI Jakarta
Lagu Jamuran berasal dari daerah / provinsi Jawa Tengah
Lagu Kabile-bile berasal dari daerah / provinsi Sumatra Selatan
Lagu Kalayar berasal dari daerah / provinsi Kalimatan Tengah
Lagu Kambanglah Bungo berasal dari daerah / provinsi Sumatra Barat
Lagu Kampung nan Jauh Di Mato berasal dari daerah / provinsi Sumatra Barat
Lagu Ka Parak Tingga berasal dari daerah / provinsi Sumatra Barat
Lagu Keraban Sape berasal dari daerah / provinsi Jawa Timur
Lagu Keroncong Kemayoran berasal dari daerah / provinsi DKI Jakarta
Lagu Kicir-Kicir berasal dari daerah / provinsi DKI Jakarta
Lagu Kole-Kole berasal dari daerah / provinsi Maluku
Lagu Lalan Belek berasal dari daerah / provinsi Bengkulu
Lagu Lembah Alas berasal dari daerah / provinsi NAD
Lagu Lipang Lipangdang berasal dari daerah / provinsi Lampung
Lagu Lisoi berasal dari daerah / provinsi Sumatra Utara
Lagu Macep-cepetan berasal dari daerah / provinsi Bali
Lagu Madedek Magambiri berasal dari daerah / provinsi Sumatra Utara
Lagu Malam Baiko berasal dari daerah / provinsi Sumatra Barat
Lagu Mande-Mande berasal dari daerah / provinsi Maluku
Lagu Manuk Dadali berasal dari daerah / provinsi Jawa Barat
Lagu Ma Rencong berasal dari daerah / provinsi Sulawesi Selatan
Lagu Mejangeran berasal dari daerah / provinsi Baii
Lagu Meriam Tomong berasal dari daerah / provinsi Sumatra Utara
Lagu Meyong-Meyong berasal dari daerah / provinsi Bali
Lagu Moree berasal dari daerah / provinsi NTB
Lagu Na Sonang Dohita Nadua berasal dari daerah / provinsi Sumatra Utara
Lagu Ngusak Asik berasal dari daerah / provinsi Bali
Lagu Nuluya berasal dari daerah / provinsi Kalimantan Tengah
Lagu 0 Ina Ni Keke berasal dari daerah / provinsi Sulawesi Utara
Lagu Ole Sioh berasal dari daerah / provinsi Maluku
Lagu 0 Re Re berasal dari daerah / provinsi NTB
Lagu Orlen-Orlen berasal dari daerah / provinsi NTB
Lagu 0 Ulate berasal dari daerah / provinsi Maluku
Lagu Pai Mura Rame berasal dari daerah / provinsi NTB
Lagu Pakarena berasal dari daerah / provinsi Sulawesi Selatan
Lagu Palu Lempong Pupoi berasal dari daerah / provinsi Kalimantan Tengah
Lagu Panon Hideung berasal dari daerah / provinsi Jawa Barat
Lagu Paris Barantai berasal dari daerah / provinsi Kalimantan Selatan
Lagu Peia Tawa-Tawa berasal dari daerah / provinsi Sulawesi Tenggara
Lagu Pileuleuyan berasal dari daerah / provinsi Jawa Barat
Lagu Pinang Muda berasal dari daerah / provinsi Jambi
Lagu Pitik Tukung berasal dari daerah / provinsi DI Yogyakarta
Lagu Potong Bebek berasal dari daerah / provinsi NTT
Lagu Putri Ayu berasal dari daerah / provinsi Bali
Lagu Rambadia berasal dari daerah / provinsi Sumatra Utara
Lagu Rang Talu berasal dari daerah / provinsi Sumatra Barat
Lagu Rasa Sayang-Sayange berasal dari daerah / provinsi Maluku
Lagu Ratu Anom berasal dari daerah / provinsi Bali
Lagu Saputanga Bapuncu Ampat berasal dari daerah / provinsi Kalimantan Selatan
Lagu Sarinande berasal dari daerah / provinsi Maluku
Lagu Selendang Mayang berasal dari daerah / provinsi Jambi
Lagu Sengko-Sengko berasal dari daerah / provinsi Sumatra Utara
Lagu Sepakat Segenap berasal dari daerah / provinsi DI Aceh
Lagu Sinanggar Tulo berasal dari daerah / provinsi Sumatera Utara
Lagu Sing Sing So berasal dari daerah / provinsi Sumatra Utara
Lagu Sinom berasal dari daerah / provinsi DI Yogyakarta
Lagu Sipatokahan berasal dari daerah / provinsi Sulawesi Utara
Lagu Sitara Tillo berasal dari daerah / provinsi Sulawesi Utara
Lagu Soleram berasal dari daerah / provinsi Riau
Lagu Surilang berasal dari daerah / provinsi DKI Jakarta
Lagu Suwe Ora Jamu berasal dari daerah / provinsi DI Yogyakarta
Lagu Tahanusangkara berasal dari daerah / provinsi Sulawesi Utara
Lagu Tanduk Majeng berasal dari daerah / provinsi Jawa Timur
Lagu Tanase berasal dari daerah / provinsi Maluku
Lagu Tari Tanggai berasal dari daerah / provinsi Sumatra Selatan
Lagu Tebe O Nana berasal dari daerah / provinsi NTB
Lagu Tekate Dipanah berasal dari daerah / provinsi DI Yogyakarta
Lagu Tokecang berasal dari daerah / provinsi Jawa Barat
Lagu Tondok Kadindangku berasal dari daerah / provinsi Sulawesi Tengah
Lagu Tope Gugu berasal dari daerah / provinsi SulawesiTengah
Lagu Tumpi Wayu berasal dari daerah / provinsi KalimantanTengah
Lagu Tutu Koda berasal dari daerah / provinsi NTB
Lagu Yamko Rambe Yamko berasal dari daerah / provinsi Papua
Info Tambahan :
Anda bisa mencari lirik lagu daerah kesayangan anda pada fitur search yang ada pada situs organisasi.org :)
Kami hanya mempublikasikan lirik lagu yang non komersil saja.

INDONESIA, kaya bahasa

Bahasa Aceh Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Alas Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Alor Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Ambelan Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Angkola Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Aru Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Bacan Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Sula Bacan
Bahasa Bada' Besona Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Toraja
Bahasa Bahau Digunakan di Wilayah Kalimantan
Bahasa Bajau Digunakan di Wilayah Kalimantan
Bahasa Balantak Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Loinan
Bahasa Bali Digunakan di Wilayah Bali
Bahasa Banda Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Banggai Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Loinan
Bahasa Banjar Digunakan di Wilayah Kalimantan
Bahasa Bantik Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulut
Bahasa Batak Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Belu Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Bobongko Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Loinan
Bahasa Bonerate Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Muna Butung
Bahasa Bugis Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulsel
Bahasa Bulanga Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Gorontalo
Bahasa Bungkumori Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Bungku Langku
Bahasa Buol Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Gate
Bahasa Buru Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Butung Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Muna Butung
Bahasa Enggano Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Gayo Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Geloli Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Goram Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Gorontalo Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Gate
Bahasa Helo Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Iban Digunakan di Wilayah Kalimantan
Bahasa Jawa Digunakan di Wilayah Jawa
Bahasa Kadang Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Kai Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Kaidipan Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Gate
Bahasa Kail Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Toraja
Bahasa Kaisar Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Kalaotoa Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Muna Butung
Bahasa Karo Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Karompa Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Muna Butung
Bahasa Kayan Digunakan di Wilayah Kalimantan
Bahasa Kenya Digunakan di Wilayah Kalimantan
Bahasa Klemautan Digunakan di Wilayah Kalimantan
Bahasa Kroe Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Kubu Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Lain Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Laki Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Bungku Langku
Bahasa Lampung Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Landawe Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Bungku Langku
Bahasa Layolo Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Muna Butung
Bahasa Leboni Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Toraja
Bahasa Leti Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Loinan Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Loinan
Bahasa Lom Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Luwu Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulsel
Bahasa Madura Digunakan di Wilayah Jawa
Bahasa Makassar Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulsel
Bahasa Mandailing Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Mandar Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulsel
Bahasa Mapute Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Bungku Langku
Bahasa Melayu Digunakan di Wilayah Kalimantan
Bahasa Melayu Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Mentawai Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Milano Digunakan di Wilayah Kalimantan
Bahasa Minangkabau Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Mongondow Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulut
Bahasa Napu Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Toraja
Bahasa Nias Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Orang Laut Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Ot-Danum Digunakan di Wilayah Kalimantan
Bahasa Pak-Pak Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Pantar Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Pilpikoro Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Toraja
Bahasa Pitu Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulsel
Bahasa Rejang Lebong Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Riau Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Roma Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Rote Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Sa'dan Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulsel
Bahasa Salu Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulsel
Bahasa Sangir Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulut
Bahasa Sasak Digunakan di Wilayah Bali
Bahasa Sasak Digunakan di Wilayah Nusa Tenggara Barat
Bahasa Sasak Digunakan di Wilayah Nusa Tenggara Timur
Bahasa Seko Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulsel
Bahasa Sikule Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Simulur Digunakan di Wilayah Sumatera
Bahasa Solor Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Sula Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Sula Bacan
Bahasa Sumba Digunakan di Wilayah Nusa Tenggara Barat
Bahasa Sumbawa Digunakan di Wilayah Nusa Tenggara Timur
Bahasa Sunda Digunakan di Wilayah Jawa
Bahasa Talaud Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulut
Bahasa Taliabo Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Sula Bacan
Bahasa Tambulu Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulut
Bahasa Tanibar Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Ternate Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Halmahera Utara
Bahasa Tetun Digunakan di Wilayah Nusa Tenggara Timur
Bahasa Tetun Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Tidore Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Halmahera Utara
Bahasa Timor Digunakan di Wilayah Nusa Tenggara Timur
Bahasa Timor Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Tombatu Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulut
Bahasa Tomini Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Tomoni
Bahasa Tompakewa Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulut
Bahasa Tondano Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulut
Bahasa Tontembun Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulut
Bahasa Toraja Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Toraja
Bahasa Uluna Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Sulsel
Bahasa Walio Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Muna Butung
Bahasa Wetar Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Ambon Timur
Bahasa Windesi Digunakan di Wilayah Maluku Daerah Sekitar Halmahera Selatan
Bahasa Wotu Digunakan di Wilayah Sulawesi Daerah Sekitar Toraja

SEBAIT, nikmat mana ?



Sebait kisah masa lalu
Melintas di benakku
Saat kuingat suatu senja
Menyimpan lembaran cerita
Indah..

Kala itu..
Jingga terlukis manis di ufuk barat
Sahut-sahutan panggilan sholat
Tak terkecuali di mushola itu
Sholat Maghrib ditegakkan
Lantunan Ar Rahman terdengar menawan
Syahdu…
Menembus dinding bersekat kayu…
Membahana menelusup rongga-rongga jiwa
“Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?”

AWAS ndak setia !



Seseorang sebenarnya dianggap berselingkuh bukan hanya karena ia berhubungan secara fisik. Tetapi juga ketika ia telah melibatkan emosinya.
Perselingkuhan emosi ini memang sulit terlihat. Tetapi menurut Ronald T. Potter-Effron, Ph.D., salah satu penulis buku 'The Emotional Affair', ada tanda yang bisa terlihat ketika seseorang mulai berselingkuh secara emosi. Ketahui tanda-tandanya berikut ini:
- Tidak lagi berbagi emosi dengan pasangannya
Saat bersama dengan Anda, ia terasa 'kosong' dan tidak lagi berbagi emosi. Baik itu senang, kesal atau sedih. Ia juga semakin jarang menghabiskan waktu dengan Anda dan lebih memilih menghabiskan waktu sendiri. Berbagai alasan pun dilontarkannya untuk menghindari Anda.
- Sikapnya berubah
Anda akan melihat sikapnya yang lebih dinamis. Matanya tampak lebih bersinar tetapi bukan untuk Anda. Termasuk suaranya yang sangat fluktuatif, bisa sangat dalam lalu berubah menjadi ceria.
- Ia lebih sering mengajak bertengkar
Kecenderungan orang yang berselingkuh adalah melihat 'pihak ketiga' selalu dalam hal positif dan pasanganya selalu buruk. Ini membuatnya selalu ingin memicu konflik. Masalah kecil bisa jadi besar dan berujung pada pertengkaran hebat. Ia juga sangat mungkin menyalahkan pasangannya atas perselingkuhan yang dilakukan.
- Menghindar
Ia seringkali menghindar untuk diajak bertemu. Biasanya pekerjaan dijadikan alasan untuk pulang terlambat. Padahal ia menghabiskan waktu dengan orang lain. Ini membuat koneksi emosional dengan pasangan makin menurun. Sebaliknya, hubungan emosi dengan selingkuhannya makin kuat.

TEKA DAN TEKI


Kelak, aku akan memberitahumu bagaimana Allah menciptakan manusia dari tanah
Hal itu karena yang Maha Agung telah meniupkan nafas-nafas cinta pada tanah
Kelak, aku akan katakan padamu, kenapa seluruh bintang beredar sesuai orbitnya
Hal itu karena Arsy Allah melumurinya dengan pantulan pantulan cinta
Kelak, aku akan katakan padamu, kenapa angin pagi hari berhembus
Hal itu karena ia hendak membangunkan bunga-bunga cinta yang merekah
Kelak, akan aku katakan padamu, kenapa malam berbusana dengan kegelapannya
Hal itu karena ia memanggil manusia untuk melaksanakan shalat dikamar tidur cinta
Sungguh aku bisa menerangkan kepadamu tentang seluruh teka-teki alam semesta.
Satu-satunya jawaban dari setiap teka-teki itu adalah cinta
Teka teki cinta

SENYUM, NDAK KETAWA HA HA HA

Abu Laits berkata : "Awaslah kamu dari ketawa berlebih-lebihan
karena ketawa mengandung 8 bahaya.

1.Tercela oleh ulama dan orang yang sopan sempurna akal.
2.Memberanikan orang bodoh kepadamu
3.Jika engkau bodoh niscaya bertambah kebodohanmu dan bila engkau alim berkurang
ilmumu sebab ada riwayat: Seorang alim jika ketawa berarti telah memuntahkan ilmunya.
4.Melupakan dosa-dosa yang lampau
5.Memberanikan membuat dosa di masa depan, sebab bila ketawa terbahak membekukan
hatimu.
6.Melupakan mati dan akhirat
7.Engkau menanggung dosa orang yang ketawa karana ketawamu
8.Ketawa terbahak-bahak itu menyebabkan banyak menangis di akhirat.