Salamku,

Minggu, 11 April 2010

Kenali lingkungan !


Siswa Perlu Kenali Lingkungan sejak Dini
Pengenalan terhadap lingkungan perlu disampaikan kepada para siswa sejak dini. Sebab, hal itu akan bisa menumbuhkan kesadaran anak akan arti penting lingkungan.
Para siswa perlu diajak ke luar ruangan untuk menanam tumbuhan. Kegiatan tersebut, selain untuk sarana belajar, juga untuk meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya menanam pohon. Hal itu berkaitan dengan program “Trees 4 Trees” yang berkaitan dengan kepedulian terhadap dampak penebangan pohon yang sebagian besar dilakukan oleh perusahaan furniture.

Banjir misalnya, bencana ini menjadi bahan perbincangan orang-orang di musim hujan saat ini. Khususnya Indonesia, beberapa wilayahnya terendam banjir. Untuk membantu korban banjir. Saat ini yang sangat dibutuhkan adalah bantuan logistik dan bantuan obat-obatan serta fasilitas pendidikan untuk para anak-anak sekolah. Banjir menyebabkan banyak rumah terendam banjir, rumah roboh, sawah terendam dan penduduk mengungsi.

Selain banjir, dampak dari penebangan pohon adalah tanah longsor. Dilihat secara geografis, Pulau Jawa, bahkan Indonesia secara keseluruhan, ternyata 60% rawan terhadap tanah longsor. Beberapa ciri lahan yang rawan longsor, antara lain: Daerah pegunungan yang tersusun atas batuan lapuk yang lebih dari 5 tahun, sehingga tertutup oleh tanah subur yang gembur mencapai 2 meter. Daerah yang tertutup batuan lapuk di atasnya merupakan daerah yang rentan longsor, seperti daerah yang berada di lapisan miring serta memiliki bebatuan retakan yang menutupinya. Contoh daerah yang rawan longsor adalah Pegunungan Lawu, Sindoro, Seribu, Karangbolong, Gunung Muria, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, Purworejo, dll. Kerentanan tersebut akan terus bertambah jika lokasinya juga rawan gempa bumi.

So, We should save our world for the future by preserve the environment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar